Category Health

Manfaat Pelatihan Cardio

Menjadi bugar dan sehat adalah hal yang utama. Sebenarnya, itu benar-benar tidak pernah ketinggalan zaman. Tubuh itu adalah aset paling berharga yang bisa Anda miliki dalam hidup Anda. Karena itu penting bagi Anda untuk merawatnya dengan baik. Berikan perhatian yang dibutuhkan.

Ketika datang untuk memastikan dan menjaga kesehatan, pilihan terbaik adalah melakukan pelatihan kardio.

Apa itu Pelatihan Cardio?

Latihan kardio melibatkan aktivitas apa pun yang membutuhkan penggunaan kelompok otot besar tubuh secara teratur dan tanpa gangguan. Ini meningkatkan detak jantung antara 60 hingga 85 persen dari detak jantung tercepat yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa kegiatan pelatihan kardio yang biasa adalah berjalan, jogging, berlari, aerobik, bersepeda, berenang, berenang dan mendayung. Pelatihan kardio dianggap sebagai latihan aerobik karena seseorang diharuskan untuk berpindah dari satu latihan ke latihan lainnya.

Apa Manfaat Pelatihan?

1. Memberi Energi untuk Tubuh
Anda dapat mengharapkan lebih banyak energi dan daya tahan yang lebih tinggi setelah beberapa kali pelatihan kardio reguler.

2. Mencegah Penyakit
Seseorang dapat mencegah penyakit jantung dengan pelatihan kardio teratur. Ini juga membantu dalam mencegah berbagai penyakit lain seperti diabetes, obesitas dan bahkan kolesterol tinggi. Pelatihan kardiovaskular memperkuat jantung dan paru-paru. Jenis latihan kardio rendah hingga sedang diperlukan bagi orang yang ingin mencegah penyakit. Contohnya adalah berjalan, jalan cepat atau jogging.

3. Kontrol Berat Badan Anda
Dengan latihan kardio, Anda dapat membakar lebih banyak kalori. Ini akan membantu orang yang perlu menurunkan berat badan. Sementara mereka yang telah mencapai massa tubuh ideal mereka, pelatihan akan membuatnya lebih mudah untuk mengontrol berat badan.

Pelatihan kardio membantu membakar kalori. Namun ini umumnya tergantung pada berat badan Anda saat ini dan jenis pelatihan kardio yang Anda alami. Lebih baik konsultasikan masalah ini dengan dokter atau pelatih Anda, untuk mengetahui jenis pelatihan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

4. Kurangi Lemak Tubuh
Beberapa orang tidak memiliki masalah dengan bobotnya. Namun, mungkin ada beberapa kelebihan lemak yang terus mengganggu. Pelatihan kardio akan membantu menyingkirkannya. Kegiatannya melibatkan gerakan kelompok otot besar. Melakukan pelatihan secara teratur akan membuat Anda lebih ramping.

5. Singkirkan Kebosanan
Pelatihan kardio itu menyenangkan. Ini memompa sistem Anda. Anda pasti akan merasa lebih bersemangat dan dalam perjalanan.

Rekomendasi untuk Lebih Baik Nikmati Manfaat Pelatihan Cardio

Pelatihan kardio sangat penting ketika Anda perlu melakukan perbaikan kesehatan. Sebagai permulaan, yang terbaik adalah melakukan 30 hingga 45 menit latihan, 3 hingga 5 hari seminggu. Jika Anda bertujuan menurunkan berat badan, pelatihan harus dilakukan 5 hari seminggu. Semakin sering Anda melakukannya; semakin besar kemungkinan Anda akan menurunkan berat badan. Namun, hindari terlalu melelahkan diri sendiri dalam berolahraga. Hindari melampaui 45 menit. Ingat, itu harus dilakukan secara teratur.

Mulai sekarang. Berjalan atau naik sepeda di sekitar lingkungan sekarang. Ikuti video aerobik yang Anda beli. Tetapkan tujuan dan ikuti tujuan itu. Pada saat yang sama, modifikasi diet Anda juga. Makan makanan sehat.

Ketika Anda meningkatkan tingkat kebugaran, intensitas pelatihan juga harus meningkat. Ini untuk memiliki area variasi dan harus selalu ada ruang untuk perbaikan. Laksanakan ini dengan mengintensifkan beberapa bagian dari pelatihan. Jika Anda suka jogging atau berlari, tingkatkan kecepatan setiap 5 menit setidaknya selama satu atau dua menit. Penting bagi Anda untuk menantang diri sendiri, agar tidak terjebak dalam tunggul.

Hindari melakukan latihan kardio sebelum tidur. Anda akan mengalami kesulitan tidur jika Anda melakukannya karena tingkat energi tubuh akan tetap tinggi untuk beberapa saat.

Jika Anda juga menjalani latihan beban, lakukan latihan kardio segera, bukan sebelumnya.

Yang terbaik adalah mengambil camilan 30 menit sebelum melakukan latihan kardio. Jangan mulai dengan latihan dalam perut kosong. Ini tidak akan membantu dalam mencapai momentum yang tepat ketika Anda berlatih. Pada saat yang sama, hindari makan terlalu banyak sebelum berolahraga. Berikan tubuh Anda pasokan yang tepat yang dibutuhkan untuk mempertahankan gerakan yang melelahkan.

Adalah baik untuk melakukan latihan kardio di luar ruangan. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan alam dan menghirup udara segar. Anda juga dapat menikmati berkeliling di lingkungan sekitar saat sistem Anda semakin sehat setiap saat. Mungkin untuk mendapatkan teman di antara orang-orang yang juga melakukan latihan mereka.

Konsisten dan tetap dengan pelatihan setelah Anda memulainya. Ini adalah satu-satunya cara pelatihan kardio akan bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Read More

Manfaat Pelatihan Interval Cardio

Dalam sebuah studi jangka panjang tentang kesehatan orang-orang di Amerika Serikat, Layanan Kesehatan Masyarakat AS mendokumentasikan peluang pengembangan penyakit jantung di antara berbagai kelompok dalam populasi. Jauh sebelum gejala muncul, penelitian epidemiologis dapat mengidentifikasi kelompok berisiko tinggi.

Di antara faktor-faktor risiko tertinggi adalah jenis kelamin laki-laki, usia di atas 35, merokok, tekanan darah tinggi, kadar lemak darah tertentu, dan riwayat keluarga dengan gangguan kardiovaskular.

Peneliti lain telah menambahkan ke dalam daftar ini faktor risiko lain: kepribadian kompulsif, sulit mengemudi, sangat cemas. Semakin besar jumlah keparahan, semakin besar risiko keseluruhan orang tersebut.

Ancaman terhadap jantung ini dapat dibagi menjadi dua kategori utama: ancaman di luar kendali individu, seperti usia, jenis kelamin, dan faktor keturunan, dan ancaman yang dapat dikendalikan, dihindari, atau bahkan dihilangkan. Di antara mereka yang berada dalam kategori kedua adalah apa yang oleh ahli jantung disebut “ancaman rangkap tiga.” Ini adalah tekanan darah tinggi, merokok, dan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Jika Anda merokok sebungkus rokok sehari, risiko Anda terkena serangan jantung adalah dua kali lipat dari bukan perokok. Jika Anda merokok, memiliki hipertensi, dan makan makanan tinggi lemak tanpa olahraga sama sekali, risiko Anda lima kali lebih besar dari biasanya.

Jantung yang Sehat

Jika faktor-faktor risiko ini membahayakan kesehatan jantung, apa yang meningkatkan kesejahteraannya dan meningkatkan peluangnya untuk bekerja lama dan baik?

Jelas, berhenti merokok dan makan makanan rendah lemak akan membantu. Hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan demi hati Anda adalah untuk memberikan apa yang dibutuhkannya: olahraga teratur atau pelatihan interval cardio lengkap.

Jantung adalah otot, atau, lebih tepatnya, kelompok atau “paket” otot, dalam banyak hal mirip dengan otot-otot lengan dan kaki. Dan sama seperti olahraga memperkuat dan meningkatkan otot tungkai, itu meningkatkan kesehatan otot jantung juga.

Sejak Perang Dunia II, beberapa studi statistik berskala besar telah mengevaluasi hubungan antara aktivitas fisik dan penyakit kardiovaskular. Satu survei terkenal membandingkan 31.000 pengemudi dan kondektur dari beberapa perusahaan bus. Pengemudi yang tidak banyak bergerak memiliki tingkat penyakit jantung yang jauh lebih tinggi daripada kondektur, yang berjalan mengitari bus dan naik tangga ke tingkat atas.

Mengapa dan bagaimana di balik statistik ini bertaruh dijelaskan oleh eksperimen klasik dengan anjing yang arteri koronernya dipersempit untuk menyerupai orang-orang dengan arteriosclerosis. Anjing yang dilatih memiliki aliran darah yang jauh lebih baik daripada anjing yang tidak aktif.

Latihan itu tampaknya menstimulasi pengembangan koneksi baru antara pembuluh darah yang terganggu dan hampir normal, sehingga anjing yang berolahraga memiliki suplai darah yang lebih baik ke semua jaringan otot jantung. Jantung manusia bereaksi dengan cara yang sama untuk memberikan darah ke bagian yang rusak oleh serangan jantung.

Untuk memungkinkan otot jantung yang rusak pulih, jantung mengandalkan pembuluh darah kecil baru untuk apa yang disebut sirkulasi kolateral. Cabang-cabang baru pada rambut arteri ini dapat berkembang jauh sebelum serangan jantung – dan dapat mencegah serangan jantung jika jaringan baru mengambil cukup banyak fungsi pembuluh yang menyempit.

Dengan semua fakta ini, sekarang diringkas menjadi satu pertanyaan: Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dilema semacam itu?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan beberapa kali seminggu lebih efektif dalam membangun jalur tambahan ini daripada olahraga yang sangat kuat yang dilakukan dua kali lebih sering.

Aturan umum adalah bahwa olahraga membantu mengurangi risiko kerusakan pada jantung. Beberapa penelitian lebih lanjut membuktikan hubungan antara olahraga dan jantung yang sehat berdasarkan dari temuan bahwa mereka yang tidak berolahraga memiliki risiko 49% lebih besar terkena serangan jantung daripada orang lain yang termasuk dalam penelitian ini. Studi ini menghubungkan sepertiga dari risiko itu dengan gaya hidup menetap.

Oleh karena itu, dengan menggunakan pelatihan interval cardio, Anda benar-benar dapat mengharapkan hasil positif tidak hanya pada area yang menyangkut sistem kardiovaskular Anda tetapi juga pada keseluruhan status kesehatan Anda.

Aktivitas khusus ini yang pasti baik untuk jantung adalah siklus “segmen berulang” yang sifatnya intens. Dalam proses ini, ada periode pemulihan interchange. Ini bisa berupa aktivitas komprehensif dan gerak moderat.

Akibatnya, manfaat dari hanya terlibat dalam kegiatan semacam ini dapat membawa Anda lebih banyak hasil yang pernah Anda harapkan. Ini adalah:

1. Ancaman serangan jantung berkurang, jika tidak dihilangkan

2. Peningkatan tugas jantung

3. Meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemungkinan membakar kalori, oleh karena itu, membantu Anda menurunkan berat badan

4. Meningkatkan kapasitas paru-paru

5. Membantu mengurangi atau menghilangkan kasus-kasus stres

Memang, latihan interval kardio adalah cara modern untuk menciptakan jantung dan tubuh yang sehat dan bahagia.

Read More